bergabung di grup telegram kami

trik amankan website dari serangan malware

trik amankan website dari serangan malware
trik amankan website dari serangan malware

Laptop atau PC yang terkena malware dapat mengancam data penyimpanan Anda. Malware bisa diperoleh dari website yang Anda punya. Lalu, bagaimana cara membersihkan website dari malware?

Sebelum penjelasan mengenai cara menghilangkan malware, ketahuilah terlebih dahulu apa itu malware. Selanjutnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan malware tersebut. Simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Malware

Malware adalah perangkat lunak yang bisa masuk ke jaringan komputer atau server lalu merusaknya. Malware diambil dari dua kata bahasa Inggris yaitu malicious yang artinya berbahaya dan software atau perangkat lunak.

Jadi, malware disebut juga dengan software berbahaya. Malware biasanya didapatkan ketika Anda melakukan unduhan berbagai file dari browser. Ketahuilah bahwa file yang didownload bisa berbahaya bagi komputer Anda.

Jadi, selalu berhati-hati dan pastikan file unduhan aman dari malware. Selain itu, malware juga bisa menyerang website yang Anda miliki.

Ciri Website Terserang Malware

Setelah mengetahui pengertian malware, perlu mengenali apa saja ciri dari website terserang malware agar Anda bisa melakukan tindakan untuk membersihkan website dari malware. Berikut adalah ciri-cirinya:

  • Munculnya iklan di website yang berasal dari sumber tidak dipercaya. Iklan ini bisa mengarahkan ke website yang tidak aman.
  • Munculnya kode error dari Google. Contohnya seperti “The site ahead contains malware”.

Trik Amankan Website dari Malware

Berikut adalah trik membersihkan website dari malware yang perlu Anda ketahui.

1. Pastikan Untuk Punya Backup Data

Malware dapat merusak data file yang ada di laptop Anda. Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu untuk pencegahan malware membuat file penting tidak bisa dibuka.

Backup file website menggunakan aplikasi backup file yang tersedia. Untuk skalabilitas bisnis, gunakan VPS server Niagahoster karena sudah tersedia backup otomatis tiap minggu.

2. Scan Menggunakan Pendeteksi Malware

Langkah berikutnya dalam cara menghilangkan virus web adalah melakukan scanning menggunakan anti malware. Aplikasi scanning ini adalah cara menghilangkan virus web yang efektif.

Jadi, malware juga akan ikut terhapus. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi scanning website. Setelah melakukan scanning, biasanya perlu menunggu agak lama terutama apabila melakukan scanning secara keseluruhan.

Cara menghilangkan virus web dan malware bisa menggunakan tool yang bernama Sucuri. Fungsi alat ini untuk menemukan malware dari file website yang sudah terinfeksi. Dari alat tersebut akan didapatkan file yang mencurigakan yang meminta tindakan dari Anda.

Untuk membersihkan website dari malware, ada dua opsi yang bisa dilakukan:

  • Lakukan restore backup website setelah melakukan penghapusan dari file yang berisi malware tersebut. Cara ini bisa dilakukan jika Anda sebelumnya sudah melakukan backup sebelum terkena malware.
  • Hapus file terinfeksi satu persatu. Cara ini kurang efektif untuk menghilangkan malware. Hal ini karena penghapusan file manual hanya bersifat sementara.

3. Ajukan Review Ulang Website

Setelah membersihkan website dari malware, langkah berikutnya adalah meminta Google untuk memberikan review kepada website Anda. Hal ini bermanfaat untuk menghilangkan pesan error yang ada di website.

Selanjutnya,Anda bisa memantau keamanan dari website saat ini menggunakan Google Webmaster. Dari fitur, ini silahkan pilih menu Security Issues. Disana akan muncul laporan berkaitan dengan keamanan website Anda.

Tanda website bebas dari malware yaitu tidak adanya pesan error yang diberikan oleh Google.

Bagaimana Jika Malware Masuk Ke Laptop?

Jika malware tidak hanya menyerang website dan mulai masuk ke laptop, Anda perlu melakukan pembasmian segera mungkin. Adapun langkah bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Jalankan Safe Mode

Cara menghilangkan virus web atau malware yang masuk ke komputer adalah menjalankan safe mode. Fitur ini sudah disediakan oleh sistem Windows. Jadi, tinggal menggunakannya saja agar terbebas dari serangan malware.

Cara membersihkan website dari malware dengan safe mode adalah sebagai berikut:

  • Restart komputer lalu klik FB di keyboard.
  • Selanjutnya, akan muncul fitur Safe Mode. Ada tiga pilihan yang tersedia. Diantaranya adalah safe mode, safe mode with networking, dan safe mode with Command prompt.
  • Terakhir, pilih Safe Mode (tanpa jaringan).

2. Putus Jaringan Internet

Cara menghilangkan virus selanjutnya adalah memastikan bahwa internet yang digunakan sudah terputus. Hal ini perlu dilakukan karena malware yang menyerang biasanya masuk melalui transmisi data komputer.

Jadi, ketika Anda merasa bahwa malware menyerang komputer segera matikan koneksi internet.

3. Hapus Cache atau Temporary File

Hapus temporary file atau cache ini juga bisa membersihkan laptop dari malware. Jadi, sering-seringlah untuk menghapus temporary file agar malware juga ikut hilang.

Selain itu, manfaat lain dari menghapus temporary file ini yaitu dapat mempercepat scanning virus dan mengosongkan kapasitas memori penyimpanan.

Kesimpulan

Telah diketahui bahwa website merupakan aset penting bagi pebisnis digital sehingga perlu membersihkan website dari malware. Gunakan hosting murah 1 tahun dari Niagahoster yang memiliki fitur keamanan untuk website.

Selain itu, disarankan juga menggunakan VPS server yang dimiliki Niagahoster karena memiliki sistem keamanan yang lebih baik karena adanya fitur auto backup server.

Posting Komentar



image quote pre code
© 2020 - Wendy Code